Selasa, 26 Februari 2013

MATA UANG DUNIA DARI ZAMAN DULU SAMPAI SEKARANG

        Uang sudah lama dikenal masyarakat yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Kita harus tahu dari mana uang itu muncul pertama kalinya semua orang juga pasti juga ingin mengetahuinya. Dengan adanya uang kegiatan ekonomi semakin bertambah dan mewabah dalam era globalisasi ini. Uang mempunyai sejarah yang sampai saat ini masih ada, berbagai jenis mata uang kuno disetiap penjuru negeri hampir ratusan ribu uang yang berbeda-beda.
Maka dari itu kami mengumpulkan informasi dari media elektronik untuk melengkapi nilai tugas ekonomi yang diberikan oleh guru mata pelajaaran. Kami berharap informasi yang kami kumpulkan dalam bentuk buku ini dapat bermanfaat bagi semua orang.
Uang berfungsi
sebagai alat tukar atau medium of exchange yang dapat mempermudah pertukaran. Orang yang akan melakukan pertukaran tidak perlu menukarkan dengan barang, tetapi cukup menggunakan uang sebagai alat tukar. Kesulitan-kesulitan pertukaran dengan cara barter dapat diatasi dengan pertukaran uang.
   A.Uang juga berfungsi sebagai satuan hitung (unit of account) karena uang dapat digunakan untuk menunjukan nilai berbagai macam barang/jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besarnya kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman. Uang juga dipakai untuk menentukan harga barang/jasa (alat penunjuk harga). Sebagai alat satuan hitung, uang berperan untuk memperlancar pertukaran.
Selain itu, uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai (valuta) karena dapat digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang. Ketika seorang penjual saat ini menerima sejumlah uang sebagai pembayaran atas barang dan jasa yang dijualnya, maka ia dapat menyimpan uang tersebut untuk digunakan membeli barang dan jasa di masa mendatang.
Selain ketiga hal di atas, uang juga memiliki fungsi lain yang disebut sebagai fungsi turunan. Fungsi turunan itu antara lain uang sebagai alat pembayaran, sebagai alat pembayaran utang, sebagai alat penimbun atau pemindah kekayaan (modal), dan alat untuk meningkatkan


B. JENIS-JENIS UANG


baht-thailan.jpg
  

Mata Uang Alternatif di Argentina, 2000..jpg
  

Mata Uang Alternatif Jepang, 1998 (Selama Krismon)..jpg
  
mata uang america.jpg
  

mata uang cina.gif
  
Mata Uang Desa Kud Chum, Yasothon, Thailand, 2000..jpg
  
Mata Uang Desa Kud Chum, Yasothon, Thailand, 2000..jpg
  

Mata Uang Desa Worgl, Jerman, 1931. (Selama Krismon).jpg
  

mata uang indonesia.jpg
  

Mata Uang Kota Bremen, Jerman, 1923.jpg
  

Mata Uang Kota Dakar, Senegal, Afrika, 1998.jpg
  
Mata Uang Kota Meksiko, 1999.jpg
  
Mata Uang Kota Toronto, Canada, 1999..jpg
  

Mata Uang New Hampshire, Amerika Serikat, 1999..jpg
  

Mata Uang Propinsi Alberta, Canada, 1936. (Selama Krismon).jpg
  

Mata Uang Pulau Jersey, Inggris, 1999..jpg
  

mesir.jpg
  

New

Tidak ada komentar:

Posting Komentar